Demi Dukung LGBT! Denmark, Inggris, dan Jerman Ancam Keluar dari FIFA

Denmark, Inggris, dan Jerman mengancam keluar dari FIFA untuk mendukung LGBT.

Riyan Pandito
Kamis, 24 November 2022 | 18:48 WIB
Demi Dukung LGBT! Denmark, Inggris, dan Jerman Ancam Keluar dari FIFA
Presiden FIFA Gianni Infantino bersama Kepala media FIFA Bryan Swanson (AFP)

Depok.suara.com - Denmark, Inggris, dan Jerman mengancam akan keluar dari FIFA lantaran larangan kampanye LGBT di Piala Dunia 2022 Qatar. Denmark FA (DBU) menyatakan tidak akan berada pada pihak FIFA pada pemilihan mendatang.

"Ada pemilihan presiden di FIFA. Ada 211 negara di FIFA dan saya mengerti bahwa presiden saat ini memiliki pernyataan dukungan dari 207 negara. Denmark tidak termasuk di antara negara-negara tersebut. Dan kami tidak akan menjadi salah satu," ujar Ketua DBU Jesper Moller.

Dirinya menyatakan keputusan dari Tim Dinamit, julukan Denmark, bukan pilihan yang mendadak. Hal ini karena telah dibahas sejak Agustus di wilayah Nordik.

Karena itu mereka juga telah memikirkan apa langkah yang akan dilakukan bila Denmark berjalan sendiri. Termasuk bila keputusan mereka tidak didukung oleh negara Eropa lainnya.

Baca Juga:Kiky Saputri Tertawa Bahas Ancaman Masuk Penjara Karena Roasting Lesti Kejora: Apanya yang Mau Dilaporin?

"Saya sudah memikirkannya lagi. Saya membayangkan bahwa mungkin ada tantangan jika Denmark pergi sendiri. Tapi mari kita lihat apakah kita tidak dapat berdialog tentang berbagai hal.

Walau begitu Denmark juga akan mengadakan pembicaraan dengan negara-negara Eropa (UEFA) lainnya mengenai kemungkinan meninggalkan FIFA.  Football Association (FA) atau Asosiasi Sepak Bola Inggris mengatakan FIFA membungkam hak asasi manusia tentang LGBT selama Piala Dunia 2022.

Diketahui menjelang Piala Dunia 2022 Qatar, ada tujuh negara yang menulis kepada FIFA untuk menjelaskan keinginan mereka agar para kapten bisa mengenakan ban lengan bertuliskan ‘One Love,’ untuk mendukung hak LGBTQIA+, selama turnamen yang diikuti 32 negara tersebut.

Tetapi FIFA kemudian melarangnya, hal ini atas permintaan dari Qatar. Namun Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, yang awalnya akan tetap memakainya tidak peduli apa kata FIFA, akhirnya batal mengenakan ban kapten LGBT.

Hal ini berubah menjelang pertandingan pembukaan Inggris, melawan Iran Senin lalu, dengan FIFA mengklaim bahwa setiap pemain yang mengenakan ban kapten akan mendapatkan kartu kuning, atau berpotensi menghadapi sanksi yang lebih keras.

Baca Juga:Bahaya! Kabel Listrik PLN Putus, Diiikat Menggantung di Pintu Toko di Legian

Inggris memutuskan untuk tidak mengambil risiko, yang dikritik oleh banyak orang, termasuk Roy Keane, dengan cendekiawan Alex Scott yang memakainya di pinggir lapangan.


Politisi Jerman, Nancy Faeser, juga mengenakan ban kapten One Love, selama laga yang berakhir dengan kekalahan mengejutkan Jerman dari Jepang, sambil duduk di sebelah presiden FIFA, Gianni Infantino.

Jerman memang menjadi salah satu tim lain yang marah karena FIFA memutuskan akan ada hukuman karena mengenakan ban kapten LGBT, setelah turnamen dimulai.

Pemenang Piala Dunia 2014 telah mengancam tindakan hukum terhadap organisasi tersebut, mempertanyakan apakah tindakan FIFA itu sah.

Menjelang kekalahan mereka dari Jepang, para pemain berbaris untuk foto pra pertandingan mereka dan menutup mulut mereka seolah-olah sedang dibungkam.

Belgia juga terpengaruh oleh keputusan FIFA, dan bukan hanya karena ban kapten, sebenarnya dilarang memakai dua seragam mereka.

Seragam tandang putih tim memiliki kata ‘Love’ yang dibordir di kerah baju dan itu sudah cukup untuk melihat seragam tersebut dilarang dari Piala Dunia.

Mereka juga dilarang mengenakan kaos pra pertandingan, karena terlalu berwarna, semuanya datang hanya 48 jam sebelum mereka memulai kampanye melawan Kanada pada Rabu malam.

Jika negara-negara UEFA keluar dari FIFA, otomatis negara-negara anggota di Eropa tidak bisa ikut kompetisi resmi FIFA seperti Piala Dunia, baik di level internasional maupun klub, kemudian di seluruh kelompok usia, baik sepak bola pria atau wanita.

Itu membuat pesta sepak bola dunia bisa jadi hanya akan dihadiri oleh negara-negara Amerika Utara, Amerika Latin, Afrika, Asia dan Oseania atau negara yang menjadi anggota FIFA.

Ragam

Terkini

Song Joong Ki dalam bela sungkawanya untuk korban gempa Cianjur yang mengjak para fans untuk berdoa sejenak.

Lifestyle | 23:58 WIB

Warganet mengkritisi sikap relawan Jokowi yang menyisakan tumpukan sampah di GBK.

News | 21:40 WIB

Deddy Corbuzier kini dituding suka bertanya soal keperawanan kepada bintang tamu.

Entertainment | 19:58 WIB

Raffi Ahmad menyebut harga tiket Piala Dunia 2022 bisa mencapai Rp50 juta.

Entertainment | 19:20 WIB

Gita Savitri disebut mendukung langkah Jerman menolak larangan kampanye LGBT

Lifestyle | 18:19 WIB

Presiden Jokowi melambaikan tangan ketika relawan menyerukan 3 periode.

News | 17:02 WIB

Jessica Iskandar pilih tolak permintaan Raffi Ahmad untuk membantu membayar cicilan rumah

Entertainment | 15:47 WIB

Pinkan Mambo terus berkonflik dengan Maia Estianty terutama ketika mereka berduet di Duo Ratu.

Entertainment | 15:31 WIB

Presiden Jokowi menyebut beberapa ciri pemimpin yang mimikirkan rakyat.

News | 15:01 WIB

Jokowi minta masyarakat ekstra hati-hati pilih pemimpin pada 2024.

News | 14:49 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Istilah Miras Minuman Rasul tersebar dan berbuntut panjang. Berikut kronologi istilah miras minuman rasul yang bikin sejumlah komedian dipolisikan.

Metropolitan | 18:30 WIB

Bocah SD di Malang yang menjadi korban bullying tak lama lagi akan mendapat keadilan. Sebab kakak kelas yang jadi pelaku akhirnya diperiksa kepolisian.

Metropolitan | 16:36 WIB

Tiga korban meninggal dunia dalam kecelakaan di jalan tol itu merupakan penumpang mobil Toyota Alphard

Metropolitan | 12:38 WIB

Ustad kondang Yusuf Mansur mengungkap dirinya ingin membeli klub sepakbola asal Inggris, Manchester United.

Metropolitan | 11:01 WIB

Tak hanya dua orang tersebut, Verrell Bramasta juga menjadi sasaran Lucinta Luna.

Gosip | 23:25 WIB

Denise Chariesta mengaku tindakannya ini adalah imbas dari sakit hati yang diterimanya dahulu dari RD.

Gosip | 23:05 WIB

Raffi Ahmad menerangkan, karena perubahan ini pula ia sampai kikuk bertemu apalagi ngobrol dengan Laudya Chintya Bella.

Gosip | 22:05 WIB

Interaksi Ayu Ting Ting dan Boy William membuat Song Joong Ki terhibur.

Gosip | 21:26 WIB

Ada dua foto unggahan Denise yang diduga jadi bukti kehamilannya.

Gosip | 20:46 WIB
Tampilkan lebih banyak