Psikolog Soroti Latar Belakang Keluarga Rizky Billar : Biasanya Memiliki Pengalaman Atau Menjadi Korban

"Apapun alasannya, KDRT bukan perilaku yang dibenarkan untuk menyelesaikan masalah atau untuk yang lainnya. Ini adalah tindakan yang tidak benar," tegas Ni Made Diah Ayu Anggreni, M.Psi, Psikolog Klinis, psikolog di Personal Growth.

Ryan Kevin
Kamis, 06 Oktober 2022 | 12:02 WIB
Psikolog Soroti Latar Belakang Keluarga Rizky Billar : Biasanya Memiliki Pengalaman Atau Menjadi Korban
Ilustrasi kekerasan dalam rumah tangga (Pixabay)

Depok.suara.com - Lesti Kejora alami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) oleh suaminya, Rizky Billar. Diduga, Lesti Kejora didorong bahkan dibanting ke lantai oleh pria berusia 27 tahun ini. Parahnya lagi, Lesti Kejora juga diduga dicekik oleh suaminya sendiri.

Atas perbuatan suaminya itu, Lesti pun melaporkan Rizky Billar ke pihak Polres Metro Jakarta Selatan pada Rabu lalu (28/9/2022) atas tuduhan KDRT.

Kamis hari ini (6/10/2022), Rizky Billar akan diperiksa lebih lanjut oleh pihak Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT ini.

Sebelum Lesti Kejora dan Rizky Billar, sebenarnya sudah ada banyak sekali kasus KDRT yang terjadi di Indonesia. Bahkan, tindakan KDRT ini dianggap wajar dilakukan oleh sebagian pasangan.

Baca Juga:Sadis! Satu Keluarga Dikubur Dalam Septic Tank Diduga Masalah Warisan

"Apapun alasannya, KDRT bukan perilaku yang dibenarkan untuk menyelesaikan masalah atau untuk yang lainnya. Ini adalah tindakan yang tidak benar," tegas Ni Made Diah Ayu Anggreni, M.Psi, Psikolog Klinis, psikolog di Personal Growth, mengutip dari beberapa sumber, Kamis (6/10/2022).

Menurut Ayu, agar pasangan suami istri (pasutri) bisa tau bahwa KDRT merupakan tindakan yang tidak benar, tentu harus paham dulu apa itu arti KDRT. Termasuk, salah satunya adalah faktor penyebab KDRT pada pasutri.

Ayu menyampaikan, bahwa faktor individu bisa jadi pemicu penyebab terjadinya KDRT. Menurutnya, seseorang bisa melakukan kekerasan karena karakter pribadinya.

"Seperti kepribadian, terus edukasi yang rendah. Kemudian, penyalahgunaan alkohol dan juga narkoba," ungkapnya.

Selain itu, tambah Ayu, biasanya pelaku memiliki masa lalu terkait. Bisa jadi, kata Ayu, orang tua dari pelaku pernah mempraktikkan kekerasan di dalam rumah.

Baca Juga:Seekor Harimau Mangsa Sapi Milik Warga di Aceh Timur

"Biasanya, orang yang memiliki pengalaman atau masa lalu terkait kekerasan, seperti melihat secara langsung atau menjadi korban, bisa menjadi salah satu penyebab pelaku melakukan kekerasan," ujarnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa kesulitan mengelola emosi ini juga termasuk salah satunya. Sehingga, begitu emosi terpancing, secara tidak sadar pelaku KDRT melakukan kekerasan.

"Biasanya, orang-orang yang usianya lebih muda ini sering terjadi, karena orang di usia muda ini regulasi emosinya rendah. Juga, pengambilan keputusannya belum matang," jelas Ayu.

Selain faktor diri, masalah hubungan juga bisa memicu terjadinya kekerasan dalam rumah tangga. Biasanya, kaya Ayu, konflik hubungan dan kesalahan penanganan dalam menyelesaikannya sering terjadi dalam rumah tangga.

"Yang pertama itu bisa adanya konflik atau ketidakpuasan hubungan tersebut. Kedua adalah ketimpangan power (kekuasaan) atau edukasi antara suami dan istri," ucapnya.

Kemudian yang ketiga, lanjut Ayu, adalah perselingkuhan. Selain itu, masalah ekonomi dalam rumah tanga atau hubungan bisa menyebabkan konflik.

Lifestyle

Terkini

Eiichiro Oda ternyata sudah memperkenalkan beberapa dewa yang ada di dunia One Piece dalam ceritanya. Disadari atau tidak ternyata Oda sudah memperkenalkan berbagai dewa-dewa tersebut bahkan sejak awal serinya.

Entertainment | 13:24 WIB

Kamaruddin Simanjuntak menyatakan siap membayar pengacara agar Ferdy Sambo tidak dihukum mati.

News | 13:17 WIB

Ganjar Pranowo yang dikaitkan dengan sosok pemimpin ideal versi Jokowi malah ubah penampilan.

Ragam | 12:15 WIB

Prabowo Subianto mengaku pecinta sepak bola tetapi tidak mau menonton Piala Dunia.

News | 11:55 WIB

Menteri olahraga Perancis mendesak para pemain timnas Perancis untuk melakukan sesuatu sebagai protes larangan kampanye LGBT seperti yang di lakukan oleh timnas Jerman.

Ragam | 01:43 WIB

Warganet mengkritisi sikap relawan Jokowi yang menyisakan tumpukan sampah di GBK.

News | 21:40 WIB

Warganet heran GBK diperbolehkan untuk kampanye politik tapi dilarang bagi sepak bola dan konser.

Ragam | 21:17 WIB

Deddy Corbuzier kini dituding suka bertanya soal keperawanan kepada bintang tamu.

Entertainment | 19:58 WIB

Gempa Cianjur disebut berpotensi bangkitkan Gunung Gede dari tidur lelapnya.

Ragam | 19:46 WIB

Raffi Ahmad menyebut harga tiket Piala Dunia 2022 bisa mencapai Rp50 juta.

Entertainment | 19:20 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Istilah Miras Minuman Rasul tersebar dan berbuntut panjang. Berikut kronologi istilah miras minuman rasul yang bikin sejumlah komedian dipolisikan.

Metropolitan | 18:30 WIB

Bocah SD di Malang yang menjadi korban bullying tak lama lagi akan mendapat keadilan. Sebab kakak kelas yang jadi pelaku akhirnya diperiksa kepolisian.

Metropolitan | 16:36 WIB

Tiga korban meninggal dunia dalam kecelakaan di jalan tol itu merupakan penumpang mobil Toyota Alphard

Metropolitan | 12:38 WIB

Kim Hye Soo ternyata memiliki bentuk tubuh yang ramping dengan pinggul kecil, membuatnya terlihat layaknya piala.

Gosip | 23:25 WIB

Ratu Elizabeth II ternyata sering tidak bertemu dengan Pangeran Philip selama berminggu-minggu.

Gosip | 23:09 WIB

Seorang peserta INTM Cycle 3 merasa sakit hati dengan para juri, sehingga memilih untuk mengundurkan diri dari ajang pencarian top model Indonesia.

Gosip | 22:25 WIB

Tora Sudiro teringat momen-momen ketika dirinya tertangkap narkoba saat ditampilkan sebagai bintang tamu program Plus26.

Gosip | 22:15 WIB

Pinkan Mambo mengaku masih tahan berhubungan di usia 42 tahun hingga mampu orgasme sebanyak 50 kali.

Gosip | 22:10 WIB
Tampilkan lebih banyak