Makan Nasi Putih Bisa Sebabkan Diabetes Seperti Permen?

Mengutip dari New York Post, laporan yang mempelajari kebiasaan makan dan riwayat kesehatan pada masyarakat Iran tersebut mengatakan, bahwa risiko penyakit arteri koroner prematur dari makan nasi putih hampir mirip dengan penyakit sama yang disebabkan konsumsi permen.

Ryan Kevin
Kamis, 06 Oktober 2022 | 08:39 WIB
Makan Nasi Putih Bisa Sebabkan Diabetes Seperti Permen?
Ilustrasi nasi. (Unsplash.com/Pille R. Priske)

Depok.suara.com - Sebuah studi baru menemukan bahwa terlalu banyak konsumsi biji-bijian olahan, seperti nasi putih, sama bahayanya dengan terlalu banyak mencamil permen. Bahaya ini utamanya berdampak pada kesehatan jantung.

Mengutip dari New York Post, laporan yang mempelajari kebiasaan makan dan riwayat kesehatan pada masyarakat Iran tersebut mengatakan, bahwa risiko penyakit arteri koroner prematur dari makan nasi putih hampir mirip dengan penyakit sama yang disebabkan konsumsi permen.

Penelitian dilakukan pada sekitar 2.500 partisipan. Beberapa di antaranya dilaporkan sehat, sementara beberapa lainnya memiliki masalah pada pembuluh darah dan jantung.

Penelitian ini diukur dari seberapa sering para peserta mengonsumsi biji-bijian utuh dan olahan.

Baca Juga:3 Alternatif Pekerjaan Sambil Menunggu Panggilan Kerja, Apa Saja?

Para peneliti menemukan mereka yang mengonsumsi biji-bijian olahan lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit arteri koroner. Sementara mereka yang makan biji-bijian utuh menunjukkan risiko yang lebih rendah.

Benarkah demikian?

Mengomentari hasil penelitian tersebut, dokter spesialis gizi klinis, Inge Permadhi mengatakan, bahwa nasi termasuk salah satu karbohidrat simpleks yang mudah diserap oleh tubuh. Akibatnya, tubuh bisa mendapatkan kelebihan energi.

"Kelebihan energi ini disimpan di dalam tubuh kita menjadi tumpukan lemak. Tumpukan lemak ini yang akan menyebabkan kita menjadi gemuk," ujar Inge, dilansir dari beberapa sumber, Kamis (6/10/2022).

Terlalu banyak mengonsumsi nasi tanpa diimbangi dengan olahraga cukup, lanjut Inge, akan menimbulkan penyakit yang terkait dengan gula seperti diabetes, perlemakan hati, hingga jantung.

Baca Juga:Terungkap Sejak Awal Gabung Nasdem Niluh Djelantik Tak Kompromi dengan Nama Anies Baswedan

"Obesitas hubungannya dekat dengan jantung. Diabetes dapat menyebabkan kerusakan dari jantung. Jadi penyakit-penyakit itu memang menyebabkan perubahan metabolisme yang akibatnya efeknya itu kerusakan dari jantung," jelas Inge.

Biji-bijian dimurnikan saat diproses menjadi tepung atau makanan, yang memberi tekstur lebih halus dan umur simpan lebih lama. Namun, proses ini dapat menghilangkan beberapa nutrisi penting dalam biji-bijian tersebut.

Sedangkan biji-bijian utuh, seperti oatmeal, beras merah dan roti gandum utuh, mengandung seluruh nutrisi pada biji-bijian.

Biji-bijian olahan dengan cepat dipecah oleh tubuh karena seratnya telah dihilangkan. Mengutip laman Center for Disease and Prevention Control (CDC) kondisi ini dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah makan.

Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung serta menyebabkan terbentuknya plak di dinding arteri.

Sebuah laporan tahun 2019 dari American College of Cardiology dan American Heart Association merekomendasikan diet yang menekankan asupan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Lifestyle

Terkini

Eiichiro Oda ternyata sudah memperkenalkan beberapa dewa yang ada di dunia One Piece dalam ceritanya. Disadari atau tidak ternyata Oda sudah memperkenalkan berbagai dewa-dewa tersebut bahkan sejak awal serinya.

Entertainment | 13:24 WIB

Kamaruddin Simanjuntak menyatakan siap membayar pengacara agar Ferdy Sambo tidak dihukum mati.

News | 13:17 WIB

Ganjar Pranowo yang dikaitkan dengan sosok pemimpin ideal versi Jokowi malah ubah penampilan.

Ragam | 12:15 WIB

Prabowo Subianto mengaku pecinta sepak bola tetapi tidak mau menonton Piala Dunia.

News | 11:55 WIB

Menteri olahraga Perancis mendesak para pemain timnas Perancis untuk melakukan sesuatu sebagai protes larangan kampanye LGBT seperti yang di lakukan oleh timnas Jerman.

Ragam | 01:43 WIB

Warganet mengkritisi sikap relawan Jokowi yang menyisakan tumpukan sampah di GBK.

News | 21:40 WIB

Warganet heran GBK diperbolehkan untuk kampanye politik tapi dilarang bagi sepak bola dan konser.

Ragam | 21:17 WIB

Deddy Corbuzier kini dituding suka bertanya soal keperawanan kepada bintang tamu.

Entertainment | 19:58 WIB

Gempa Cianjur disebut berpotensi bangkitkan Gunung Gede dari tidur lelapnya.

Ragam | 19:46 WIB

Raffi Ahmad menyebut harga tiket Piala Dunia 2022 bisa mencapai Rp50 juta.

Entertainment | 19:20 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Istilah Miras Minuman Rasul tersebar dan berbuntut panjang. Berikut kronologi istilah miras minuman rasul yang bikin sejumlah komedian dipolisikan.

Metropolitan | 18:30 WIB

Bocah SD di Malang yang menjadi korban bullying tak lama lagi akan mendapat keadilan. Sebab kakak kelas yang jadi pelaku akhirnya diperiksa kepolisian.

Metropolitan | 16:36 WIB

Tiga korban meninggal dunia dalam kecelakaan di jalan tol itu merupakan penumpang mobil Toyota Alphard

Metropolitan | 12:38 WIB

Menurut Vincent Verhaag bila ia ikut membayar utang Jessica Iskandar maka akan menjadi boomerang untuk rumah tangganya kelak.

Gosip | 21:33 WIB

Denise Chariesta sengaja menghapus setiap pesan pentingnya pada RD, karena takut ketahuan istri RD.

Gosip | 21:10 WIB

Stephanie Poetri pulang kampung sekaligus akan manggung di Indonesia pada Desember mendatang.

Gosip | 20:45 WIB

Saat itu, Kiky Saputri ternyata merugi Rp2,5 miliar akibat aktivitas di dunia trading.

Gosip | 20:43 WIB

Istri RD ternyata sempat membahas soal foto Denise Chariesta dengan sang suami, tidak hanya sekali.

Gosip | 20:22 WIB
Tampilkan lebih banyak