Chainsaw Man Tayang Musim Depan, Ini Hal yang Perlu Kamu Tau

Meski shounen, manga ini menampilkan banyak gore dan menyentuh topik sensitif. Jadi, mirip Attack on Titan, Chainsaw Man adalah shounen rasa seinen.

Ryan Kevin
Kamis, 22 September 2022 | 19:00 WIB
Chainsaw Man Tayang Musim Depan, Ini Hal yang Perlu Kamu Tau
Chainsaw man (Siliconera)

Depok.suara.com - Chainsaw Man jelas merupakan salah satu anime yang paling diantisipasi tahun ini. Manga-nya juga cukup populer karena temanya yang berbeda dan sedikit dewasa. Meski shounen, manga ini menampilkan banyak gore dan menyentuh topik sensitif. Jadi, mirip Attack on Titan, Chainsaw Man adalah shounen rasa seinen.

Bagi kalian yang tidak membaca manga-nya tapi pengin nonton anime-nya, ada banyak hal yang harus kalian pertimbangkan. Kalau kalian tidak suka yang sadis-sadis dan berdarah-darah, lebih baik hindari saja anime ini. Apalagi, Studio Mappa sudah mengatakan, tidak akan ada sensor. 

Tapi, kalau masih penasaran, ada sejumlah fakta yang harus kalian tahu tentang Chainsaw Man sebelum nonton anime-nya. Apa saja? Simak ulasan berikut ini!

1. Cerita

Baca Juga:Menyaingi Bjorka, Berikut Film Bertema Hacker

Chainsaw Man berkisah tentang seorang remaja bernama Denji yang bokek dan terlilit utang. Denji bekerja sebagai Pemburu Iblis. Menjadi Pemburu Iblis adalah cara terbaik untuk mendapatkan uang meski harus mempertaruhkan nyawa. Meski begitu, uangnya pas-pasan untuk makan dan bertahan hidup untuk Denji. Apalagi, utangnya begitu besar sehingga sebagian uang yang dia dapatkan dari pekerjaan itu dipakai untuk membayarnya. Anjing iblisnya, Pochita, selalu menyertainya. Pochita adalah iblis yang pernah dia selamatkan. Setelah itu, anjing itu terikat padanya dan berjanji akan membalas kebaikan Denji.

Denji kemudian menemukan dirinya dalam masalah ketika orang-orang yang mempekerjakannya diambil alih Iblis Zombie yang menyerang dan membuatnya nyaris mati. Pochita, yang ingat janjinya kepada Denji, menyelamatkannya dengan memberikan jantungnya dan hidup di dalam dirinya. Ini mengubah Denji menjadi Chainsaw Man. Sebagai balasan, Pochita meminta Denji memperlihatkan impiannya. Setelah itu, hidup Denji berubah total karena dia akhirnya cukup kuat untuk memimpikan hidup yang lebih baik untuk dirinya.

2. Karakter

Karakter utama serial ini adalah Denji. Dia punya anjing bernama Pochita. Kemudian ada Makima, Pemburu Iblis Keamanan Publik. Dia memainkan peranan penting dalam hidup Denji dan menawarinya pekerjaan. Meskipuin, Makima sering memperlakukan Denji seperti peliharaan.

Denji ditugaskan untuk bermitra dengan seorang pria bernama Aki, yang seluruh keluarganya dibunuh Iblis di depan matanya. Makanya, dia tidak punya simpati pada Iblis. Kemudian, ada Power, seorang Musuh Darah. Artinya, tubuhnya diambil alih Iblis untuk bertahan hidup. Dia juga merupakan anggota skuad Aki. Bertiga, mereka menjadi tim hebat dan bertindak seperti keluarga. Selain mereka, masih ada karakter lain seperti Himeno, Kobeni, Kishibe, dan lain-lain.

Baca Juga:Buntut Penembakan 2 Warga Taman Sari, Pak RW Larang Warganya Jadi Pak Ogah

3. Manga-nya Baru Masuk Bagian 2

Chainsaw Man baru saja memasuki Part 2 pada Juli lalu. Part 2 ini dimulai dengan chapter 98. Namun, baru sebulan berjalan, manga ini telah mengumumkan hiatus selama bulan Agustus ini. Tentu saja, penggemar pun sedikit kecewa dengan pengumuman tersebut.

Chainsaw Man volume pertama dirilis pada Desember 2018. Setelah itu, serial ini berjalan hingga 10 volume lagi sampai Desember 2020. Setelah itu, manga ini memutuskan untuk hiatus. Penggemar sudah ketar ketir menanti kapan serial ini akan dilanjutkan lagi. Dan, mereka harus menanti selama kurang lebih 1,5 tahun.

4. Dibuat Oleh Studio Mappa

Adaptasi anime Chainsaw Man dibuat Studio Mappa. Studio ini sudah dikenal dengan kualitas animasi action mereka dengan sejumlah hit yang sudah mereka rilis. Studio Mappa dikenal atas adaptasi anime seperti Jujutsu Kaisen, Dorohedoro, dan Kakegurui. Mereka juga mengambil alih Attack on Titan dari Wit Studio.

Adaptasi anime terbaru studio itu memperlihatkan kalau mereka lebih dari setia menganimasi Chainsaw Man. Trailer anime memperlihatkan kalau mereka benar-benar menyajikan tontonan menarik yang lebih pas untuk audiens 18+ ketimbang audiens shounen biasa karena dijamin lebih keras, gelap, dan berdarah-darah. Selain itu, Mappa juga menggandeng sutradara dan penulis yahud.

5. Kerap Dibandingkan dengan Jujutsu Kaisen

Jujutsu Kaisen dipuji karena membangkitkan lagi popularitas manga genre dark fantasy. Chainsaw Man juga masuk genre ini. Karena sama-sama punya genre sama, penggemar manga tidak bisa tidak melihat kaitan antara keduanya.

Kedua serial manga itu sama-sama berlokasi di dunia supranatural, menggunakan senjata dan konsep pertarungan yang sama. Keduanya juga punya protagonis yang disukai, berani, dan tak gentar. Tapi, alih-alih melihat perbandingan ini menjadi sesuatu yang bisa mengurangi kesukaan mereka, pembaca sebenarnya melihat persamaan ini sebagai elemen yang mendorong mereka untuk suka kedua serial ini.

6. Denji Pernah Jadi Cameo di My Hero Academia

My Hero Academia adalah manga dan anime shounen populer. Serial ini punya banyak penggemar di seluruh dunia. Yang menarik, di chapter 259 di manga-nya, penggemar dengan cepat mengenali karakter yang dikenal tampil secara mengejutkan di pinggir sebuah panel.

Denji, dalam versi iblis utuhnya, terlihat bersama karakter My Hero Academia, Fat Gum. Mustahil kalau Chainsaw Man menjadi bagian dari kanon My Hero Academia. Ini karena ada cara yang sangat berbeda dalam mendapatkan kekuatan di dunia yang dipenuhi superhero dan supervillain itu. Terlebih, Chainsaw Man menampilkan tema dewasa. Jadi, bisa dikatakan kalau kita tidak akan melihat karakter ramah anak My Hero Academia muncul di Chainsaw Man.

7. Manga-nya Ada yang 18+

Chapter Chainsaw Man bisa dibaca menggunakan app Shonen Jump. Hampir semua chapter dianggap cocok untuk audiens muda. Tapi, chapter 59 diberi disclaimer kalau itu eksklusif di situs Viz Media dan hanya untuk pembaca berusia 18+.

Alasannya, chapter 59 menampilan 2 halaman grafis yang menampilkan karakter tanpa busana dalam adegan seksual yang eksplisit. Sementara sejumlah orang kecewa dengan tidak nyamannya pindah dari app ke website hanya untuk satu chapter, sejumlah penggemar merasa keputusan itu lebih baik ketimbang sensor.

8. Bakal dipenuhi Aksi Berdarah-darah dan Brutal

Adegan berdarah di mana tubuh meledak dan dibelah bukanlah kejadian yang tidak umum di manga dan anime shounen. Tapi, Chainsaw Man melangkah lebih jauh. Alih-alih hanya punya karakter berdarah-darah, Chainsaw Man meningkatkan levelnya dengan menampilkan isi perut yang terbuka dan karakter yang cacat secara brutal.

Gore mungkin agak sedikit berlebihan bagi penggemar manga shounen, tapi Attack on Titan pun punya level kekerasan yang levelnya agak tinggi di genre ini. Meski begitu, banyak penggemar yang sepakat kalau itu adil dan punya tujuan. Terutama ketika mereka mempertimbangkan kalau anime ini adalah tentang seorang pemburu yang menguntit dan membunuh iblis sebagai mata pencaharian.

9. Terinspirasi Texas Chainsaw Massacre

Texas Chainsaw Massacre adalah film slasher Hollywood yang berhasil meraih status legendaris. Film ini juga melampaui genre horor. Jadi, tidak heran kalau kreator Chainsaw Man menemukan Texas Chainsaw Massacre menjadi pengaruh penting dalam menciptakan manga larisnya itu.

Di acara peringatan 10 tahun Studio Mappa, Fujimoto mengaku kalau Chainsaw Man terinspirasi peristiwa yang terjadi di Texas Chainsaw Massacre. Jelas kalau bentuk iblis Denji adalah rujukan pada senjata yang digunakan villain film horor ikonik itu, Leatherface. Ketika berubah menjadi iblis, tubuh Denji berubah dengan gergaji mesin menjadi kepalanya.

Entertainment

Terkini

Ramalan shio monyet, ayam, anjing dan babi

Lifestyle | 17:15 WIB

Lihat gambar, siapa yang paling menyembunyikan sesuatu

Lifestyle | 16:15 WIB

Warganet heboh dengan cuitan Pandji Pragiwaksosno soal sikap presiden yang bela Kepolisian.

Ragam | 14:15 WIB

Najwa Shihab menyebutkan tidak tertarik membahas nyinyiran dari Nikita Mirzani.

Ragam | 13:48 WIB

Video pengakuan Ady Sky bikin publik ramai karena pengakuannya bahwa Rizky Billar sering pinjem mobil.

Entertainment | 12:29 WIB

"Apapun alasannya, KDRT bukan perilaku yang dibenarkan untuk menyelesaikan masalah atau untuk yang lainnya. Ini adalah tindakan yang tidak benar," tegas Ni Made Diah Ayu Anggreni, M.Psi, Psikolog Klinis, psikolog di Personal Growth.

Lifestyle | 12:02 WIB

"Pernikahan jangan sampai dilakukan karena dasar ingin memiliki keturunan atau menambah rezeki, terutama harta benda. Karena itu sama saja dengan harapan kaum yang lain," kata dia.

Entertainment | 11:43 WIB

Bagi instansi yang belum melakukan input data tenaga non-ASN agar melakukan verifikasi dan validasi data sebelum data tersebut diinput ke dalam aplikasi pendataan BKN

News | 11:28 WIB

Kejadian laka tunggal ini tadi sekitar pukul 01.30 WIB. Truk tangki melintas di depan gudang Bulog, Garum, truk mengalami selip kemudian terguling

News | 11:06 WIB

penyidik berpeluang untuk menetapkan status terlapor menjadi tersangka

Entertainment | 10:43 WIB

Melalui kuasa hukumnya, Rizky Billar meminta agar pemeriksaan ditunda

Metropolitan | 15:42 WIB

Pasar di Jakarta bukan sekadar tempat interaksi ekonomi, tetapi juga interaksi sosial antar masyarakat.

Metropolitan | 15:23 WIB

"Sekarang yang disalahkan pintu dan tangga. Apakah berikutnya yang akan disalahkan sempritan wasit?" ungkap Said Didu.

Metropolitan | 15:08 WIB

Keji! empat anggota kepolisian diduga lakukan penyiksaan ke mahasiswa.

Metropolitan | 09:37 WIB

Ratusan warganet di Twitter beramai-ramai lemparkan kritik terhadap penyataan Presiden Joko Widodo.

Metropolitan | 08:33 WIB

Mikha Tambayong didampingi kekasihnya, Deva Mahenra hadiri Busan International Film Festival 2022.

Gosip | 17:22 WIB

Nikita Mirzani mengaku berkirim pesan pada Ayu Dewi untuk bersabar terkait isu perselingkuhan suaminya, Regi Datau.

Gosip | 17:22 WIB

Dalam laporannya, Lesti Kejora dicekik hingga dibanting Rizky Billar.

Gosip | 17:21 WIB

Luna Maya tiba-tiba mendapat mobil keluaran terbaru seharga miliaran rupiah, tapi publik curiga bahwa ia hanya endorsement.

Gosip | 17:00 WIB

Para finalis Miss Grand International 2022 yang berjumlah 71 orang kini tengah berada di Bali.

Gosip | 16:56 WIB
Tampilkan lebih banyak