Hanya Jaga Kucing, TKI Ini di Bayar Rp1,5 Juta Perhari

Namun, yang tak kalah menarik ada kisah TKI yang bekerja di Amerika Serikat baru-baru ini. Uniknya pekerjaan mereka terbilang mudah, namun harus penuh dengan tanggung jawab.

Ryan Kevin
Kamis, 22 September 2022 | 16:04 WIB
Hanya Jaga Kucing, TKI Ini di Bayar Rp1,5 Juta Perhari
Deden si penjaga kucing di amerika (Voa)

Depok.suara.com -bMenjadi TKI di luar negeri, memang banyak yang memiliki kisah dan cerita yang cukup unik. Seperti misalnya di Taiwan, ada yang mendapat kerja menjaga majikan sampai rela tidur bareng.

Namun, yang tak kalah menarik ada kisah TKI yang bekerja di Amerika Serikat baru-baru ini. Uniknya pekerjaan mereka terbilang mudah, namun harus penuh dengan tanggung jawab.

Tak cuma mudah, mereka juga dibayar dengan nilai uang yang sangat besar jika dirupiahkan. Mereka cuma menjadi penjaga rumah serta pengasuh kucing yang ditinggal pergi untuk sementara oleh pemiliknya. Mereka bisa mendapatkan bayaran hingga Rp1,5 juta untuk semalam saja.

Tiap harinya TKI bernama Daden dan Juju kerjanya cuma  bersantai sambil bermain-main dengan kucing. Meski terlihat sangat mudah, namun orang Amerika berani membayar lebih untuk pekerjaan tersebut.

Baca Juga:Jeje Slebew Ngotot Klarifikasi Perihal Pemeran Video Dewasa yang Mirip dengan Dirinya

“Enak banget sih sebetulnya sebab enggak ngapa-ngapain. Datang, tidur," ujar Deden mengutip dari berbagai sumber.

"Cuma pindah tidur doang tapi dibayar,” kata Juju.

Demikian gambaran Daden dan Juju, TKI di Amerika Serikat, tentang profesi yang telah mereka lakoni belasan tahun. Mereka adalah profesional penjaga rumah, disebut house sitter, sekaligus pengasuh kucing atau cat sitter.

Menurut definisinya, house sitter adalah orang yang dipercaya menjaga rumah agar tidak dimasuki maling selagi pemiliknya pergi. Mereka juga membersihkan rumah, menyiram tanaman, memastikan surat-surat tidak menumpuk di kotak surat, dan, yang terpenting, mengurusi hewan peliharaan.

Deden menjelaskan, kadang ia dapat kontrak dari majikannya bisa sampai sebulan. Namun, tak jarang juga yang meminta ia menjaga selama seminggu

Baca Juga:Wasapada! Usia Pasien Serangan Jantung di Indonesia Lebih Muda daripada di Luar Negeri, Ini Faktornya

“Beda-beda. Ada yang minta dua minggu. Ada yang seminggu. Kadang-kadang sebulan,” ungkap Daden.

Untuk jasa mereka, Daden dan Juju menerima bayaran puluhan dollar AS. Ia menerangkan, bahwa dirinya tidak mematok harga dalam bekerja.

“Jaga rumah itu kan enggak ditentuin. Kami enggak kasih harga ke mereka. Cuma, mereka kasih paling kecil $50 semalam. Kadang-kadang ada yang $75, ada yang ngasih $100 semalam," ungkapnya.

Deden juga mengatakan, bahwa pemilik rumah kerap menyiapkan bahan pangan, aneka permainan, dan akses ke hiburan di TV. Ini dilakukan supaya house sitter tidak bosan saat bekerja.

“Disediakan bunga-bunga supaya kita gak bosan,” kata Juju.

Namun, yang unik dari pekerjaan mereka adalah tugas untuk menjaga kucing. Deden menyebut, jika ada kucing di rumah yang ia jaga, maka akan ada biaya tambahan.

“Kalau ada binatang, lebih. Dikasih lagi. Karena, kalau binatang kan ekstra,” ucap Daden.

Deden mengungkapkan, jika Menjangan kucing, tugasnya hanya memberi makan sesuai diet, pastikan tempat makan dan air minum ada isinya, dan bersihkan kotoran.

"Tidak sampai satu jam, tugas tuntas," tukasnya.

Saat ini, total 17 rumah secara bergilir dijaga Daden dan Juju. Rata-rata, lima rumah mereka jaga pada waktu bersamaan, walaupun hanya dua rumah yang bisa mereka tinggali. Selebihnya, mereka gilir atau mereka datangi hanya untuk bersih-bersih dan mengurus hewan atau tanaman.

“Padahal kami sudah bilang, kami enggak bisa karena sudah janjian dengan si ini, si ini. Tapi, tetap saja. Ya sudah, kamu check in saja ke sini. Itu dibayar juga," pungkasnya.

Profesi ini, menurut Daden, tidak menuntut keterampilan khusus. Modalnya adalah kepercayaan dan rekomendasi berantai dari klien yang puas atas jasa mereka.

Dia menambahkan, dirinya tidak akan bermuka masam walau sedang ada masalah, dan memberi jasa ekstra untuk bersih-bersih. Ketika si pemilik rumah pulang dan mendapati rumah bersih, tanaman terawat dan hewan peliharaan sehat, mereka tidak segan memberi bonus.

Menurut Zippia.com, situs pencari dan perekrut tenaga kerja, house sitter rata-rata dibayar 27 dollar AS (Rp 405.000) per jam atau hampir 52.000 dollar AS (Rp 780 juta) per tahun.

Situs lain, Ziprecruiter.com, mencatat sampai 12 September 2022, gaji house sitter di Negara Bagian Maryland saja rata-rata lebih dari 68.000 dollar AS (Rp 1 miliar) per tahun atau hampir 33 dollar AS (Rp 495.000) per jam.

Ragam

Terkini

Lihat gambar, siapa yang paling menyembunyikan sesuatu

Lifestyle | 16:15 WIB

Lesti Kejora dikabarkan akan Umrah ke Tanah Suci bertepatan dengan pemeriksaan suaminya Rizky Billar.

Entertainment | 16:10 WIB

Indosiar berencana menggelar konser untuk Lesti Kejora. Hal ini membuat warganet berang.

Entertainment | 15:35 WIB

Rizky Billar absen dalam pemeriksaan pertamanya di Polres Metro Jakarta Selatan.

Entertainment | 15:25 WIB

Aldi Taher tidak sepakat dengan boikot yang dilakukan KPI kepada Rizky Billar.

Entertainment | 13:59 WIB

Video pengakuan Ady Sky bikin publik ramai karena pengakuannya bahwa Rizky Billar sering pinjem mobil.

Entertainment | 12:29 WIB

"Apapun alasannya, KDRT bukan perilaku yang dibenarkan untuk menyelesaikan masalah atau untuk yang lainnya. Ini adalah tindakan yang tidak benar," tegas Ni Made Diah Ayu Anggreni, M.Psi, Psikolog Klinis, psikolog di Personal Growth.

Lifestyle | 12:02 WIB

"Pernikahan jangan sampai dilakukan karena dasar ingin memiliki keturunan atau menambah rezeki, terutama harta benda. Karena itu sama saja dengan harapan kaum yang lain," kata dia.

Entertainment | 11:43 WIB

Bagi instansi yang belum melakukan input data tenaga non-ASN agar melakukan verifikasi dan validasi data sebelum data tersebut diinput ke dalam aplikasi pendataan BKN

News | 11:28 WIB

Melalui kuasa hukumnya, Rizky Billar meminta agar pemeriksaan ditunda

Metropolitan | 15:42 WIB

Pasar di Jakarta bukan sekadar tempat interaksi ekonomi, tetapi juga interaksi sosial antar masyarakat.

Metropolitan | 15:23 WIB

"Sekarang yang disalahkan pintu dan tangga. Apakah berikutnya yang akan disalahkan sempritan wasit?" ungkap Said Didu.

Metropolitan | 15:08 WIB

Keji! empat anggota kepolisian diduga lakukan penyiksaan ke mahasiswa.

Metropolitan | 09:37 WIB

Ratusan warganet di Twitter beramai-ramai lemparkan kritik terhadap penyataan Presiden Joko Widodo.

Metropolitan | 08:33 WIB

Luna Maya tiba-tiba mendapat mobil keluaran terbaru seharga miliaran rupiah, tapi publik curiga bahwa ia hanya endorsement.

Gosip | 17:00 WIB

Para finalis Miss Grand International 2022 yang berjumlah 71 orang kini tengah berada di Bali.

Gosip | 16:56 WIB

Akibat dianiaya Rizky Billar, tulang leher Lesti Kejora bergeser.

Gosip | 16:47 WIB

Teuku Ryan sampai keringat dingin dan hampir nangis akibat surprise dari sang istri Ria Ricis.

Gosip | 16:45 WIB

Rizky Billar disebut polisi bukan sekali melakukan kekerasa pada Lesti Kejora.

Gosip | 16:22 WIB
Tampilkan lebih banyak