KSAD Dudung Murka dengan Pernyataan Effendi Simbolon: Jangan Salahkan Prajurit Kita Ngamuk!

KSAD Dudung terlihat murka dengan pernyataan Effendi Simbolon. Hal ini terlihat dari video yang beredar.

Riyan Pandito
Rabu, 14 September 2022 | 16:31 WIB
KSAD Dudung Murka dengan Pernyataan Effendi Simbolon: Jangan Salahkan Prajurit Kita Ngamuk!
Kasad Jenderal Dudung meninjau lokasi pembangunan Mabesad di IKN. [ANTARA] (ANTARA)

Depok.suara.com - Polemik pernyataan yang anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon tentang TNI seperti gerombolan masih bergulir. Kali ini beredar video Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman yang terlihat murka kepada politisi PDIP itu.

Jenderal Dudung mengatakan prajurit TNI AD di tingkat Tamtama dan Bintara marah dengan pernyataan anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon yang menyebut 'TNI seperti gerombolan'.

Karena itu dirinya meminta agar jangan ada pihak yang menyalahkan jika prajurit mengamuk.

"Jangan salahkan nanti prajurit kita ngamuk. Prajurit kita ini di grup, di kelompok, di grup Tamtama sudah panas. Kelompok Bintara sudah marah," kata Dudung dalam video yang beredar, dikutip Rabu (14/9).

Baca Juga:Luka Bakar Sekujur Tubuh, Ibu dan Anak Korban Kebakaran di Cipayung Dirujuk ke RSCM

Bahkan Dudung sampai menegur para perwira yang dinilainya diam terhadap pernyataan Effendi. Ia mempertanyakan apakah para perwira itu takut kehilangan jabatannya.

"Kok kita kelompok perwira santai-santai saja gitu loh? Apa takut jabatannya dilepas atau gimana?"kata Dudung.

"Danrem-Dandim juga saya lihat santai saja, meninabobokan jabatan. Jangan terbiasa seperti itu saya minta, ya?" imbuhnya.

Dudung meminta jajarannya agar jangan diam saja dengan pernyataan Effendi. Ia menilai pernyataan Effendi telah menginjak harga diri dan kehormatan TNI AD.

"Saya minta ini buktikan ya, jangan kemudian diam saja, takut pangkat dan jabatannya dicopot. Kalian sudah bisa buktikan apa yang saya lakukan," katanya.

Baca Juga:5 Solusi Mengatasi Lelah Mental, Coba Ganti Rutinitas!

Sebelumnya, Effendi Simbolon jadi sorotan publik karena pernyataan 'TNI seperti gerombolan'. Dia mengkritik banyak pelanggaran di tubuh TNI dan menyebut TNI layaknya gerombolan ormas.

Setelah itu, bermunculan sejumlah video TNI AD mengecam pernyataan Effendi. Sebagian video disertai ancaman.

Hari ini, Effendi telah meminta maaf atas pernyataannya. Ia menyatakan sudah bertemu Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan mencoba menghubungi Dudung.

Sumber: Suara.com

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak