Mulai Membelot, Bripka RR Mengaku Takut dan Merasa Utang Budi kepada Ferdy Sambo

Bripka RR mengaku awalnya merasa takut dan merasa utang budi kepada Ferdy Sambo. Sehingga awalnya menutupi kasus tersebut.

Riyan Pandito
Rabu, 14 September 2022 | 13:49 WIB
Mulai Membelot, Bripka RR Mengaku Takut dan Merasa Utang Budi kepada Ferdy Sambo
Bripka RR.

Depok.suara.com - Satu persatu skenario yang disusun Ferdy Sambo untuk menutupi pembunuhan Brigadir J mulai goyah. Setelah Bharada E, sekarang Bripka RR alias Ricky Rizal yang berbalik membelot dari skenario tersebut.

Terkini Bripka RR mengungkapkan kronologi penembakan Brigadir J berdasarkan sudut pandangannya. Awalnya Bripka RR memang memilih untuk menutupi kasus ini.

Pasalnya dari isu yang berkembang, dirinya masih merasa takut dengan Sambo. Hal ini juga secara tersirat disampaikan oleh kuasa hukum Bripka RR, Erman Umar, saat diwawancarai Aiman Witjaksono.

"Saya memang melihat, pada saat pertemuan-pertemuan rekonstruksi, ada kelihatan masih takut," ujar Erman, dikutip Suara.com tayangan AIMAN di KompasTV, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga:Bukan Pembunuhan Berencana, Polisi Sebut Guntur Bunuh Bebi karena Spontan Usai Lihat Isi Pesan dengan Pria Lain

Apalagi karena Bripka RR memang sudah cukup lama bekerja dengan Sambo, mulai dari menyopiri ketika Sambo menjadi Kapolres hingga akhirnya ditarik menjadi ajudan pada tahun 2018.

Bripka RR juga dianggap memiliki utang budi terhadap Sambo. Karena adanya peran vital dari Sambo, terutama untuk kelanjutan nasib karier Bripka RR.

Rupanya Sambo sudah menjanjikan akan menyekolahkan Bripka RR sebagai perwira kepolisian pada Oktober 2022 besok. Malah rencana ini membuat Bripka RR akan ditempatkan di Magelang, Jawa Tengah, sekaligus untuk mengurusi anak Sambo yang sedang bersekolah di sana.

"Rizal itu untuk ADC (aide-de-camp) sekarang untuk mengurus segala sesuatunya anaknya yang sekolah di Magelang, dan dia tinggal di Magelang," tutur Erman. "Kuat itu terakhir juga dibantu, karena dia (Bripka RR) berniat dia mau sekolah."

"RR meminta ke Ferdy Sambo untuk disekolahkan menjadi perwira?" tanya Aiman.

Baca Juga:Line Next Meluncurkan Platform NFT Global, Dosi, Versi Beta

"Ya, begitu, dan dipersiapkan untuk Oktober," balas Erman lagi.

Tetapi janji dari Ferdy Sambi untuk menyekolahkan Bripka R menjadi perwira sudah gugur. Malah kini Bripka RR terancam hukuman mati lantaran dijerat dengan Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana akibat penembakan keji yang menewaskan Brigadir J.

Bripka RR Berbalik dari Skenario Sambo Akibat Teringat Keluarga

Perubahan kesaksian Bripka RR juga disebut karena peran istri serta ketiga anaknya. Hal ini seperti diungkap kuasa hukum Bripka RR, Zena Dinda Defaga, yang luluh setelah dipertemukan dengan sang istri yang memintanya untuk berkata jujur.

"Keluarga menangis dan meminta harus jujur, ingat keluarga, masih ada keluarga dan anak-anaknya juga masih kecil dan meminta Brigadir RR untuk terus terang karena masih ada keluarga yang dia miliki," ujar Dinda di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).

Apalagi karena anak Bripka RR saat ini masih kecil. "Ada tiga anaknya. Kembar usia tujuh tahun dan dua setengah tahun," jelas Dinda.

Permintaan istrinya lah yang membuat Bripka RR membelot dari skenario yang konon disiapkan Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022 malam.

Merujuk pada isi berita acara pemeriksaan (BAP), pengacara Bripka RR, Erman Umar menyebut Sambo mengumpulkan seluruh bawahannya di Gedung Provos Mabes Polri dan diduga untuk merekayasa kasus pembunuhan Brigadir J.

"Kalau tidak salah itu di Provos, itu mungkin Sambo yang berperan di situ," terang Erman. "Sepintas saya lihat (di BAP) dia pernah dikumpulkan."

Sumber: Suara.com

News

Terkini

Eiichiro Oda ternyata sudah memperkenalkan beberapa dewa yang ada di dunia One Piece dalam ceritanya. Disadari atau tidak ternyata Oda sudah memperkenalkan berbagai dewa-dewa tersebut bahkan sejak awal serinya.

Entertainment | 13:24 WIB

Gita Savitri mendapat kecaman karena menghina warganet dengan stunting.

Lifestyle | 12:58 WIB

Ganjar Pranowo yang dikaitkan dengan sosok pemimpin ideal versi Jokowi malah ubah penampilan.

Ragam | 12:15 WIB

Menteri olahraga Perancis mendesak para pemain timnas Perancis untuk melakukan sesuatu sebagai protes larangan kampanye LGBT seperti yang di lakukan oleh timnas Jerman.

Ragam | 01:43 WIB

Song Joong Ki dalam bela sungkawanya untuk korban gempa Cianjur yang mengjak para fans untuk berdoa sejenak.

Lifestyle | 23:58 WIB

Warganet heran GBK diperbolehkan untuk kampanye politik tapi dilarang bagi sepak bola dan konser.

Ragam | 21:17 WIB

Deddy Corbuzier kini dituding suka bertanya soal keperawanan kepada bintang tamu.

Entertainment | 19:58 WIB

Gempa Cianjur disebut berpotensi bangkitkan Gunung Gede dari tidur lelapnya.

Ragam | 19:46 WIB

Raffi Ahmad menyebut harga tiket Piala Dunia 2022 bisa mencapai Rp50 juta.

Entertainment | 19:20 WIB

Gita Savitri disebut mendukung langkah Jerman menolak larangan kampanye LGBT

Lifestyle | 18:19 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Istilah Miras Minuman Rasul tersebar dan berbuntut panjang. Berikut kronologi istilah miras minuman rasul yang bikin sejumlah komedian dipolisikan.

Metropolitan | 18:30 WIB

Bocah SD di Malang yang menjadi korban bullying tak lama lagi akan mendapat keadilan. Sebab kakak kelas yang jadi pelaku akhirnya diperiksa kepolisian.

Metropolitan | 16:36 WIB

Tiga korban meninggal dunia dalam kecelakaan di jalan tol itu merupakan penumpang mobil Toyota Alphard

Metropolitan | 12:38 WIB

Denise Chariesta sengaja menghapus setiap pesan pentingnya pada RD, karena takut ketahuan istri RD.

Gosip | 21:10 WIB

Stephanie Poetri pulang kampung sekaligus akan manggung di Indonesia pada Desember mendatang.

Gosip | 20:45 WIB

Saat itu, Kiky Saputri ternyata merugi Rp2,5 miliar akibat aktivitas di dunia trading.

Gosip | 20:43 WIB

Istri RD ternyata sempat membahas soal foto Denise Chariesta dengan sang suami, tidak hanya sekali.

Gosip | 20:22 WIB

Song Joong Ki kembali menyapa penggemar Indonesia. Jika sebelumnya hadir di produk skincare, maka kini ia tampil sebagai brand ambassador e-commerce.

Gosip | 20:20 WIB
Tampilkan lebih banyak